Fiberglass, Kayu dan Baja: Mana Jenis Pintu Eksterior Yang Tepat untuk Anda?

Pintu depan Anda adalah komponen penting dari rumah Anda. Tidak hanya itu hal pertama yang menyambut pengunjung dan tamu, tetapi juga garis pertahanan pertama Anda terhadap elemen. Memilih pintu depan kanan tidak hanya berdampak pada gaya dan estetika rumah Anda, tetapi juga seberapa baik itu membuat angin, hujan, dan salju turun. Jika Anda telah mencari pintu eksterior baru, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang tiga opsi bahan utama: fiberglass, kayu, dan pintu eksterior baja.

Fiberglass, Kayu, Pintu Eksterior Baja. Mana Pilihan yang Tepat?

Ketika memilih pintu eksterior yang tepat untuk rumah Anda, penting untuk terlebih dahulu memahami tiga pilihan utama Anda: fiberglass, kayu, dan baja. Ketiga opsi memiliki kelebihan, tetapi masing-masing memiliki beberapa kelemahan. Jika Anda mencari jawaban yang sederhana dan singkat, kami katakan pilih fiberglass untuk umur panjang, pilih pintu eksterior kayu untuk karakter dan gaya, dan pilih pintu eksterior baja atau logam untuk opsi yang ramah anggaran. Jika Anda ingin rincian lengkap, terus membaca.

Berikut adalah pro dan kontra yang datang dengan masing-masing dari tiga jenis pintu eksterior utama.

Baca Juga: Rel Pintu Garasi Wina

Pintu Eksterior Fiberglass

Fiberglass menawarkan sebagian besar pemilik rumah berbagai kemungkinan baru ketika datang ke pintu eksterior. Pintu eksterior fiberglass terbuat dari dua sisi cetakan besar yang diisi di tengah dengan inti busa poliuretan yang mengisolasi pintu terhadap suhu ekstrem. Proses pembuatan ini menjadikan fiberglass salah satu pilihan paling tahan lama dan hemat energi di pasaran. Berikut ini pro dan kontra.

Kelebihan Pintu Eksterior Fiberglass:

  • Pemeliharaan rendah, Fiberglass adalah material komposit yang tahan terhadap fading, cracking, dan chipping. Dibandingkan dengan baja dan kayu, pintu eksterior fiberglass akan membutuhkan perawatan paling sedikit, karena tidak harus disimpan atau dicat ulang secara teratur.
  • Daya Tahan, Selain persyaratan perawatan minimal, pintu fiberglass sangat tahan lama. Mereka tidak serpihan atau lekuk seperti pintu kayu atau baja, yang menjadikannya pilihan tepat untuk pintu depan Anda – penghalang Anda antara rumah dan dunia luar. Secara umum, pintu fiberglass akan bertahan lebih lama daripada kayu dan pintu baja karena konstruksi kompositnya.
  • Efisiensi Energi, pintu Fiberglass dirancang dengan mempertimbangkan efisiensi energi. Meskipun Anda dapat menyesuaikan hampir semua pintu eksterior fiberglass untuk memiliki lebih banyak atau lebih sedikit isolasi, semua pintu fiberglass dibuat dengan lapisan busa isolasi yang tebal di tengahnya. Ini membuat pintu eksterior fiberglass sempurna untuk rumah yang mengalami kondisi cuaca ekstrem.
  • Kemampuan penyesuaian, Karena pintu fiberglass dibuat dari bahan komposit, pintu ini menawarkan beragam pilihan untuk membentuk dan menyelesaikan. Anda dapat memesan pintu fiberglass khusus agar sesuai dengan pintu masuk apa pun, dan Anda dapat memilih dari pelapis datar tradisional atau memilih pelapis yang meniru tampilan kayu dengan butiran halus dan pelapis bernoda.
  • Biaya, Secara umum, pintu fiberglass cenderung sedikit lebih murah daripada pintu kayu, dan sedikit lebih dari pintu baja, menempatkannya tepat di tengah-tengah tiga pilihan. Pintu-pintu fiberglass juga tidak memerlukan perawatan rutin, sehingga banyak pemilik rumah menemukan bahwa mereka menutup biaya dimuka dari pintu fiberglass sepanjang umurnya, baik dalam penghematan energi dan biaya perawatan.

Pintu eksterior fiberglass:

Estetika, Jika Anda menyukai tampilan kayu alami sejati, pintu fiberglass mungkin tidak memenuhi standar Anda. Sementara pintu fiberglass dirancang untuk meniru tampilan kayu, mereka tetap fiberglass. Beberapa pemilik rumah menemukan bahwa pintu fiberglass tidak memiliki tampilan dan nuansa yang sama seperti kayu asli.

Cek Juga: Pintu Garasi Wina

Pintu Eksterior Kayu

Pintu eksterior kayu adalah pilihan klasik untuk rumah apa pun. Jika Anda lebih suka tampilan yang lebih tradisional atau berharap untuk menambahkan sedikit karakter pada pintu masuk Anda, pintu kayu adalah pilihan yang bagus, terutama mengingat komponen hemat energi alami yang ditawarkan kayu. Berikut ini pro dan kontranya:

Kelebihan Pintu Eksterior Kayu:

  • Karakter & Gaya, Kayu tidak diragukan lagi bahan yang paling disukai jika Anda mencoba mencapai pintu masuk yang mewah dan unik secara arsitektur. Meskipun beberapa pintu fiberglass dapat dibuat menyerupai kayu, Anda tidak akan mendapatkan karakter sejati dari apa pun selain pintu kayu asli.
  • Mudah Diperbaiki, Kayu mudah diampelas dan ditahan jika Anda mengalami pelapukan atau goresan yang dangkal. Ini membuat perawatan untuk segala kerusakan sangat mudah. Plus, kayu akan menyembunyikan goresan atau penyok dengan baik, tidak seperti fiberglass atau baja, yang tidak memiliki tekstur untuk menyembunyikan kerusakan kecil itu.
  • Efisiensi Energi, pintu depan kayu Solid memiliki nilai r alami yang dapat membantu melindungi rumah Anda dari unsur-unsur. Sementara pintu kayu tidak akan seefisien energi seperti pintu fiberglass kelas atas, Anda masih akan mendapatkan jumlah perlindungan yang layak selama Anda memilih opsi kayu keras.

Kontra Pintu Eksterior Kayu:

  • Biaya, Secara umum, Anda akan membayar sedikit lebih banyak untuk pintu eksterior kayu, terutama jika Anda melihat opsi khusus atau pintu eksterior kayu dengan sisipan kaca.
  • Pemeliharaan, Tidak seperti pintu baja atau fiberglass, pintu kayu alami akan membutuhkan perawatan rutin. Anda harus menodai dan memperbaiki pintu eksterior kayu Anda setiap tahun untuk memastikannya mempertahankan keindahannya dan melindunginya dari pelapukan prematur.
  • Warping dan Rotting, Musuh dari setiap pintu kayu adalah kelembaban. Sekalipun pintu eksterior kayu Anda terpelihara dengan baik, kayu memiliki kecenderungan alami untuk mengembang dan berkontraksi pada suhu ekstrem. Seiring waktu, ini dapat berkontribusi untuk melengkung dan retak yang dapat mempengaruhi bagaimana pintu Anda cocok di pintu masuk. Dan, jika pintu eksterior kayu Anda tidak terawat, uap air dapat meresap ke dalam pintu itu sendiri dan mulai membusuk. Untuk alasan ini, beberapa pemilik rumah memilih pintu fiberglass atau baja.

Simak Juga: Pintu Garasi

Pintu Eksterior Baja

Pintu eksterior baja adalah pilihan yang sangat baik untuk setiap rumah yang hanya membutuhkan pintu eksterior sederhana dan tahan lama. Favorit untuk garasi dan pintu samping, pintu baja memang menawarkan berbagai keuntungan bagi pemilik rumah.

Pro Pintu Baja Eksterior:

  • Biaya Rendah, Dari semua opsi pintu eksterior, pintu baja membutuhkan investasi awal terendah. Anda dapat menemukan berbagai opsi pintu baja semuanya dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada pintu kayu atau fiberglass, hanya karena pintu baja jauh lebih murah untuk diproduksi.
  • Pemeliharaan rendah, Pintu eksterior baja juga sangat rendah perawatannya. Tidak seperti kayu, mereka tidak akan membusuk atau melengkung dari waktu ke waktu, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang pewarnaan secara teratur atau perbaikan pintu baja eksterior Anda.

Kontra Pintu Eksterior Baja:

  • Pintu eksterior Baja yang estetis tidak menawarkan rentang pilihan penyelesaian yang sama dengan pintu fiberglass. Baja hampir secara eksklusif tersedia dalam warna datar, dicat, dan tidak bisa meniru tampilan kayu. Inilah yang membuat pintu baja populer untuk garasi dan entri samping. Meskipun mereka tidak selalu canggih, mereka dapat menyelesaikan pekerjaan, menjaga elemen-elemen kasar dari rumah Anda.
  • Daya Tahan, Sementara baja itu sendiri adalah bahan yang tahan lama, pintu baja dapat melekuk dengan cukup mudah, dan mereka juga cenderung berkarat seiring waktu. Karena penyok di pintu baja tidak mudah diperbaiki, ini memperpendek umurnya, terutama bila dibandingkan dengan pintu fiberglass.
  • Efisiensi Energi, Baja tidak terlalu hemat energi, dan jika Anda memilih pintu baja yang tidak memiliki inti busa, Anda akan melihat bahwa mereka bisa relatif berangin. Meskipun Anda dapat memilih pintu baja yang memiliki inti berinsulasi, mereka tetap tidak menawarkan tingkat efisiensi energi yang sama dengan pintu fiberglass, karena baja akan menyerap panas atau dinginnya suhu luar.

Jika Anda memutuskan pintu eksterior untuk rumah Anda, fiberglass, kayu, dan baja adalah tiga pilihan terbaik Anda. Sangat penting untuk memilih fitur yang paling penting bagi Anda, apakah itu gaya, daya tahan, atau efisiensi energi. Kemudian, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang bahan pintu eksterior mana yang tepat untuk Anda.

Kunjungi Juga: Pintu Wina